Jumat, 08 Maret 2013

Permasalahan Sistem Terdistribusi

          Sistem distribusi adalah sebuah sistem yang komponennya berada pada jaringan komputer. Komponen tersebut saling berkomunikasi dan melakukan koordinasi hanya dengan pengiriman pesan (message passing).
           Sistem terdistribusi dapat dikatakan sebagai suatu keberadaan beberapa komputer yang bersifat transparan dan secara normal, setiap sistem terdistribusi mengandalkan layanan yang disediakan oleh jaringan komputer.
  • Permasalahan dari Sistem terdistribusi yaitu:
  1. Kompleksitas. Sistem terdistribusi bersifat lebih kompleks daripada system sentral.
  2. Keamanan. Sistem terdistribusi dapat diakses dari beberapa komputer dan jalur jaringan mudah disadap, sehingga keamanan jaringan system terdistribusi menjadi masalah yang besar.
  3. Kemampuan untuk dikendalikan. Computer yang terdapat di system terdistribusi bisa terdiri dari berbagai tipe yang berbeda dan mungkin dijalankan pada sistem operasi yang berbeda pula. Kesalahan pada satu mesin bisa berakibat pada yang lainnya. Sehingga harus banyak usaha untuk mengendalikannya.
  4. Tidak dapat diramalkan. System terdistribusi tidak dapat diramalkan tanggapannya. Tanggapannya tergantung beban total system, pengorganisasian, dan beban jaringannya.
  5. Kesulitan dalam membangun perangkat  lunak. Kesulitan yang akan dihadapi antara lain: bahasa pemrogramman yang harus dipakai, sistem operasi dll.

  •  Masalah dengan sistem terdistribusi yang dapat dimunculkan antara lain berkaitan dengan :
  1. Software - bagaimana merancang dan mengatur software dalam Distribusi Sistem
  2. Ketergantungan pada infrastruktur jaringan
  3. Kemudahan akses ke data yang di share, memunculkan masalah keamanan
       Dalam setiap penggunaan suatu sistem, banyak sekali ditemui permasalahan – permasalahan yang muncul, begitu juga dengan sistem terdistribusi. Selain permasalahan – permasalahan yang akan dihadapi terdapat tantangan – tantangan dalam sistem terdistribusi.

Kesulitan dan Ancaman dalam sistem terdistribusi antara lain :
  • Mode pemakaian Variasi yang beragam terhadap karakteristik pemakaian
           Contoh : berapa banyak halaman di kunjungi
  • Masalah Internal, Ada beberapa masalah internal yaitu Masalah concurrency, Masalah clock, Mode kegagalan
  • Lingkungan Sistem, Sistem terdistribusi harus mengakomodasi heterogenitas hardware, sistem operasi dan jaringan. Contoh : berapa banyak versi SO?
  •  Ancaman Eksternal yaitu Serangan terhadap kesatuan data dan keamanannya

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar