Selasa, 17 April 2012

Jenis-jenis game + opportunity untuk menunjang creative industry.

Jenis - jenis game banyak variasinya, tapi yang paling sering dimainkan oleh orang-orang biasanya yang genre nya RPG, FPS, TPS, sama simulasi. Genre dalam istilah wikipedia adalahistilah serapan untuk ragam adalah pembagian suatu bentuk seni atau tutur tertentu menurut kriteria yang sesuai untuk bentuk tersebut. Dalam semua jenis seni, genre adalah suatu kategorisasi tanpa batas-batas yang jelas. Genre terbentuk melalui konvensi, dan banyak karya melintasi beberapa genre dengan meminjam dan menggabungkan konvensi-konvensi tersebut. Lingkup kata "genre" biasanya dibatasi pada istilah dalam bidang seni dan budaya.

Berikut adalah jenis-jenis gamenya :

Role Playing Game (RPG): Sebuah permainan bermain peran biasanya permainan yang sangat panjang dan kita dituntut masuk ke dalam alur cerita game tersebut. Ada beberapa game RPG di luar sana yang tidak memerlukan waktu Anda lebih dari 20 jam untuk memainkannya namun itu sangat sedikit. Beberapa contoh-contoh game RPG adalah Final Fantasy, Dragon Warrior, Breath of Fire, Secret of Mana dan banyak varietas lainnya. Biasanya RPG melibatkan sekelompok karakter yang Anda butuhkan untuk membangun atau mengembangkan sesuatu untuk mencapai tujuan akhir bersama. Untuk sampai ke tujuan tersebut, Anda perlu memperkuat karakter Anda dengan meneingkatkan level karakter tersebut atau mengumpulkan peralatan baru.

First Person Shooters (FPS): Game jenis ini lebih populer di kalangan dunia multiplayer daripada dunia pemain tunggal. Beberapa contoh baik dari sebuah permainan FPS diantaranya Half-Life, Counter-Strike, Doom, Castle Wolfenstein dan lain-lain. FPS menempatkan Anda ke dalam peran satu karakter membawa banyak senjata dan dengan tujuan bersama untuk mencapai suatu titik akhir, melarikan diri dari malapetaka dan semua hal menyenangkan. Ketika bermain dalam permainan multiplayer, Anda dapat bermain dalam FFA (Free For All), permainan Tim atau varietas lainnya.

Real Time Strategy (RTS): Peran permainan strategi real time ini adalah dengan menerapkan bagian strategis dari pikiran Anda ke dalam pandangan dari lingkungan yang serba cepat. Catatan, tujuan Anda dalam permainan RTS ini adalah mengalahkan tentara lawan dengan tentara Anda bahwa Anda harus membangun dengan mendapatkan sumber daya. Contoh-contoh game RTS akan Starcraft, Warcraft, Total Annihilation, Command and Conquer dan lain sebagainya.

Permainan Olahraga (Sports Game): Genre olahraga biasanya menunjukkan olahraga mana saja yang dapat Anda mainkan di kehidupan nyata. Olahraga seperti, skateboard, snowboarding, tenis, basket, sepak bola dan lain-lain. Biasanya game seperti ini lebih disukai bagi mereka yang suka olahraga. Beberapa contoh yang dari game seperti ini diantaranya PES (Pro Evolution Soccer), FIFA, Madden NFL, asrama Cool, NBA Slam, dan banyak lainnya seperti PGA Tour Golf, Tiger Woods Golf, Brunswick Bowling.

Permainan Balapan (Racing Game): Saya suka game balapan, ini benar-benar menyenangkan. Biasanya permainan ini tidak jauh dari stunts, kecepatan, trik, tabrakan, atau apapun hal-hal ekstrim lainnya. Off-road Racing dan Need for Speed ​​adalah contoh game yang seting kita jumpai. Balapannya juga bermacam-macam mulai dari truk, Snowboards, skateboard, balap kuda, mobil sport, pada dasarnya SEMUANYA! Beberapa game mengagumkan dalam topik ini antara lainnya Need for Speed​​, Moto Racer, Off-roadRacing dan lain-lainnya.

Third Person Shooter (TPS) adalah game yang mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak menembak hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini adalah orang ketiga.

STRATEGY adalah genre game yg memiliki gameplay untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka memenangkan permainan.

Games Strategy dibagi 2 :

Real Time Strategy (RTS) : pada game ini, kita dapat mengendalikan pasukan secara langsung, dari mencari sumber daya, hingga menghancurkan musuh. Semua pertempuran ini dapat kita saksikan secara langsung.

Turn Based Strategy (TBS) : sistem nya seperti Turn Based RPG, tetapi disini selain mengendalikan character utama, kita mengendalikan pasukan dan kota kita untuk memenangkan pertarungan. biasanya kita memainkan game nya di atas peta.

Simulation adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. baik nilai, material, referensi, dan faktor lainnya Cara memainkannya juga berbeda . Genre simulasi meliputi game racing, flight, sampai militer.

Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga laku di pasaran.

Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukan kategori RPG).

Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point / highscore

Fighting adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya. Genre fighting biasanya one on one dalam sebuah arena yang sempit.

Historic : Game ini meilbatkan tentang sejarah pada jaman dahulu, misalnya The Myth Of Heroes Legend.

Reallife :Game ini meliputi tentang kehidupan sehari-hari,misalnya saja farm franzy

Musical : Game ini meikputi tentang alat music,misalnya saja guitar hero,piano,dll

Shooter : Genre permainan video yang ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama dengan tampilan layar yang mensimulasikan apa yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan. Ciri utama lain adalah penggunaan senjata genggam jarak jauh.

Action : Video game ini biasanya meliputi tantangan fisik, balapan, dan beberapa konflik lainnya. Dapat juga meliputi masalah ekonomi sederhana, seperti mengumpulkan benda-benda.

Puzzle : Video game jenis ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya, itu semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi. Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar